Hati-Hati Pinjaman Rentenir Online | KREDIT TANPA AGUNAN | ARI VIANNI

  • Home
  • Blog
  • Hati-Hati Pinjaman Rentenir Online

Hati-Hati Pinjaman Rentenir Online tidak resmi tidak dalam pengawasan regulator Otoritas Jasa Keuangan OJK. Maraknya pinjaman rentenir atau lintah darat di Google Play Store bunga diatas satu persen per hari bahkan per jam. Jangan tergiur pinjaman satu jam cair online syarat proses mudah cair cepat tipu

Di era internet, kanal pinjaman banyak tersedia. Jika dahulu kita hanya mengenal Bank, lembaga pembiayaan / multifinance, koperasi, maka di era internet ini kita mengenal peer to peer lending, fintech lender, dan fintech aggregator.

Mengakses pinjaman zaman sekarang menjadi semakin mudah, kemudahan memperoleh pinjaman ini bak pisau bermata dua. Di sisi lain, kemudahan ini bisa memudahkan orang terbelit hutang tak berujung apabila dalam prosesnya kurang berhati-hati dalam mencari pinjaman yang tepat.

Salah satu hal yang wajib kita waspadai adalah, maraknya kehadiran rentenir (lintah darat) online. Banyak rentenir online yang bisa kita temui, salah satu contoh di Google Play Store. Banyak aplikasi menawarkan pinjaman online dengan bunga selangit, diatas ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di luar negeri, pinjaman seperti ini dikenal dengan istilah ‘Shark Loan’.

hati-hati pinjaman rentenir onlinePara rentenir atau lintah darat online bisa menawarkan pinjaman dengan bunga 1% per hari atau rata-rata 30% per bulan.

Seperti dikutip dari HaloMoney.co.id , berikut ciri-ciri rentenir online ;

1. Suku Bunga Pinjaman Sangat Tinggi

Rentenir online mematok biaya pinjaman atau bunga pinjaman diatas kewajaran. Misalnya 1% per hari, atau bahkan ada juga yang mematok bunga 1% tiap 12 jam. Mereka tidak dibatasi regulator seperti Bank Indonesia atau OJK. Mereka berani memasang bunga tinggi karena iming-iming persyaratan yang mudah dan pencairan dana yang cepat.

2. Syarat Mudah Cair Cepat

Jika Bank atau penyedia pinjaman umumnya menerapkan syarat cukup ketat, seperti kejelasan identitas, histori kredit (BI Checking), hingga syarat agunan. Namun para rentenir online tidak demikian. Cukup memberi foto identitas dan foto diri misalnya, tanpa syarat BI Checking, maupun syarat kartu kredit. Proses pencairan dana pun sangat cepat, hanya dalam hitungan jam, bahkan hitungan menit.

Baca juga : Tips Aman Penggunaan Kartu Kredit

3. Aturan Suku Bunga dibuat Sesukanya

Ketika si peminjam gagal membayar cicilan, si pemberi pinjaman bisa saja mewajibkan peminjam membayar bunga hingga 3 kali lipat. Bunga yang terus menerus menjerat ini menghisap peminjam hingga bunga terus membengkak.

4. Bila Kredit Macet, Selalu Ada Tawaran Hutang Baru

Ciri-ciri berikutnya adalah, jika pembayaran hutang mulai terhambat, rentenir online tak segan-segan menawarkan hutang baru untuk menutup hutang yang lama.

Gali lubang tutup lubang pun terjadi hingga si peminjam sulit untuk keluar dari hutang.

5. Rentenir Online Tak Segan Pakai Kekerasan

Rentenir online memakai jasa Dept. Collector agar si peminjam takut sehingga mau tidak mau harus membayar hutangngnya sesuai hitungan si peminjam tanpa membuka ruang untuk berkompromi. Bahkan mereka tak segan-segan melakukan tindak kekerasan.

Berbeda dengan Bank, Bank memang memakai jasa Dept. Collector untuk menangani kredit bermasalah. Namun, Bank atau lembaga keuangan resmi dibatasi oleh aturan-aturan sesuai regulator (Bank Indonesia dan OJK).

 

Yuk, share komentar kamu di kolom komentar dibawah ini.

Hati-Hati Pinjaman Rentenir Online

Hati-hati pinjaman rentenir online di aplikasi Google Play Store Android. Lintah darat atau rentenir kini telah beroperasi secara online dengan cara menerbitkan aplikasi yang bisa didownload semua orang di Play Store maupun Apple Store.

#hati-hati #pinjaman #rentenir #online

Rentenir mematok bunga yang sangat tinggi, yaitu diatas satu persen, melebihi ketentuan Bank Indonesia dan OJK. 

Hati-hati Pinjaman Rentenir Online di Google Play Store

Proses memang cepet, tapi yang namanya rentenir tetap membuat Anda tak bisa keluar dari lingkaran hutang. 

Tips Atasi Pinjaman Rentenir Online

Jika tidak bisa / sanggup membayar cicilan, lepas saja (tidak usah dibayar). Cari pinjaman di Bank resmi secara online. 

Penilaian Pengguna
[Total: 3 Average: 5]

1 Komentar

commenter
Reply
Nuramin
11 Maret 2018

Sebab apa mereka #Rentenir #OnLine itu bisa buat aturan sendiri???
Karena di negara ini duit yg mengatur undang2.
Makanya yg kaya makin kaya….
Yg melarat mati katak.
Pejabatnya tutup mata.
Wakil rakyatnya buta hati.
Penegak hukumnya membabi buta tak jeelas hukum yg di tegakkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *