Pengertian Definisi Pinjaman | Jenis Kredit | KREDIT TANPA AGUNAN | ARI VIANNI

  • Home
  • Blog
  • Pengertian Definisi Pinjaman | Jenis Kredit
pengertian definisi pinjaman

Pengertian Definisi Pinjaman jenis kredit dengan tanpa agunan jaminan jenis kredit berdasarkan tenor angsuran cicilan pinjaman pengertian definisi Kredit menurut pinjam uang online cair cepat Bank metode pembayaran pembiayaan Kredit investasi kredit mikro mobil non KPR Kredit konsumtif jangka panjang

pengertian definisi pinjaman1. Kredit Jangka Pendek

Kredit jenis ini biasanya diberikan oleh bank kepada nasabah dengan jangka waktu / tenor pelunasan tak lebih dari 1 tahun. Kredit jenis ini seringkali menjadi solusi instan / cepat bagi individu yang ingin membangun sebuah bisnis dalam skala kecil (mikro) hingga skala menengah.

2. Kredit Jangka Menengah

Kredit pada poin 2 ini memiliki waktu jatuh tempo pelunasan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis kredit jangka pendek. Bank menetapkan jika kredit ini memiliki jangka waktu pelunasan dalam tenor (jangka waktu) antara 1 hingga 3 tahun. Pengertian definisi Pinjaman

3. Kredit Jangka Panjang

Pada poin yang terakhir ini adalah jenis kredit yang biasanya digunakan untuk membiayai proyek-proyek besar seperti misalnya investasi apartemen hingga pembangunan jalan tol. Tak heran jika jangka waktu yang diberikan kepada nasabah juga cukup lama yaitu lebih dari 3 tahun.

Jenis Kredit Berdasarkan Sifat Penggunaannya

1. Kredit Konsumtif

Jenis kredit ini banyak digunakan oleh perseorangan dan hal ini membuat bank memberlakukan sebuah kebijakan ketat untuk melihat apakah nasabah tersebut memiliki kelayakan untuk memperoleh sebuah pinjaman.

Kebijakan seleksi tersebut biasanya dibuat berdasarkan riwayat kredit nasabah yang sebelumnya, jika riwayatnya baik maka besar kemungkinan kredit ini akan disetujui oleh bank. Kredit Konsumtif ini juga memiliki varian jenis yang beragam dan berikut penjelasan lengkapnya.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
Bisa dibilang jika Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah jenis pinjaman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Bagaimana tidak ? Dengan menggunakan kredit ini masyarakat bisa memiliki sebuah rumah meskipun dana yang tersedia belum mencukupi. Apalagi fakta menunjukan jika rumah bisa menjadi sebuah investasi properti. Cicilan untuk jenis kredit KPR ini juga memiliki jangka waktu yang cukup panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun.

Kredit Non KPR
Kredit jenis ini merupakan sebuah pinjaman yang digunakan untuk pembelian barang-barang yang masih bersifat konsumtif namun tidak termasuk rumah. Contoh barang tersebut antara lain adalah seperti Sepeda Motor hingga Gagdet. Jangka waktu pelunasan pinjaman dari kredit ini juga relatif pendek yaitu berkisar antara hitungan bulanan hingga 2 tahun.

Kartu Kredit
Jenis kredit ini adalah salah satu pinjaman tanpa agunan atau jaminan kepada perseorangan melalui sebuah kartu plastik yang secara resmi diterbitkan oleh bank yang bersangkutan. Untuk mendapatkan jenis pinjaman ini nasabah wajib untuk melakukan permohonan terlebih dahulu kepada bank. Pengertian definisi Pinjaman

Kredit Kendaraan 
Adalah sebuah fasilitas pinjaman yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk membeli sebuah kendaraan baik roda dua atau roda empat dengan jaminan kendaraan tersebut apabila sang pemohon kredit gagal melunasi pinjamannya.

Kredit Multiguna
Berbeda dengan jenis kredit lainnya yang bersifat spesifik, kredit multiguna ini bisa digunakan untuk segala keperluan yang bersifat konsumtif. Jaminan dari kredit ini sendiri adalah sebuah tanah atau bangunan milik si pemohon kredit.

2. Kredit Pinjaman Komersial

Jenis kredit ini adalah sebuah pinjaman yang digunakan oleh sebuah badan atau perseorangan untuk membiayai sebuah bidang usaha. Sumber profit dari penghasilan usaha itu sendiri nantinya juga digunakan untuk membayar kredit tersebut. Berikut jenis-jenis kredit komersial.

Kredit Mikro
Pinjaman ini diberikan kepada pelaku usaha yang ingin merintis sebuah usaha dalam skala mikro.

Kredit Usaha Kecil
Fasilitas ini diberikan bank kepada debitur untuk membiayai sebuah usaha dalam skala kecil.

Kredit Usaha Menengah
Sebuah fasilitas pinjaman yang diberikan nasabah melalui debitur yang akan menjalankan usaha kelas menengah.

Kredit Korporasi
Kredit yang diberikan kepada bank untuk membiayai keperluan operasional suatu korporasi atau perusahaan.

3. Kredit Berdasarkan Keperluannya

Pinjaman berdasarkan keperluanya ini bisa dibagi menjadi 3, antara lain ;

Kredit Modal Kerja
Fasilitas pinjaman yang diberikan kepada sebuah perusahaan untuk menambah modal kerja sebuah perusahaan sekaligus juga untuk memenuhi keperluan operasional perusahaan tersebut.

Kredit Investasi
Sebuah fasilitas pinjaman yang bersifat menengah atau bisa juga jangka panjang untuk membiayai pembaharuan atau rehabilitasi aset modal yang dimiliki sebuah perusahaan. Jenis kredit ini juga bisa digunakan untuk ekspansi proyek atau juga pendirian sebuah proyek baru.

Kredit Pembiayaan Proyek
Sebuah jenis pinjaman yang digunakan untuk membiayai sebuah proyek baru seperti dana untuk melakukan investasi misalnya.

4. Kredit Berdasarkan Sifat Penarikannya

Jenis pemberian kredit pada poin nomor 4 ini ada 2 macam ;

Kredit Langsung (Cash Loan)
Pada jenis pinjaman langsung ini, pihak bank secara langsung menyalurkan dananya kepada debitur yang nantinya menjadi sebuah utang bagi nasabah. Kredit Investasi dan kredit modal kerja juga termasuk dalam jenis kredit ini.

Kredit tidak langsung (Non-Cash Loan)
Jenis kredit ini banyak digunakan untuk transaksi bisnis skala besar dimana kredit tersebut tidak langsung menggunakan dana bank dan belum secara efektif merupakan hutang nasabah kepada bank, salah satu contohnya adalah Bank Garansi dan Letter of Credit.

5. Kredit Berdasarkan Sifat Pelunasannya

Berdasarkan sifat pelunasannya, ada dua jenis kredit ini yaitu:

Kredit dengan Angsuran
Jenis kredit ini yang paling umum diterapkan oleh lembaga pembiayaan maupun bank yaitu pembayaran kembali pokok pinjamannya diatur secara bertahap menurut jadwal yang telah ditetapkan di dalamperjanjian kredit.

Kredit dibayarkan sekaligus pada saat jatuh tempo.
Banyak Koperasi atau BPR yang menjalankan sistem ini dimana kredit yang pembayaran kembali pokok pinjamnnya tidak diatur secara bertahap melainkan harus dikembalikan secara sekaligus pada saat tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan di dalam perjanjian kredit.

6. Jenis Kredit Berdasarkan Valuta

Untuk mmenuhi kebutuhan transkasi antar negara, maka pinjaman bank bisa diberikan dalam valuta rupiah maupun mata uang lainnya seperti US Dolar, Yen, sesuai dengan keperluan usaha nasabah. Misalnya saja pebsinis yang melakukan kegiatan ekspor akan membutuhkan kredit valuta USD mengingat hasil ekspornya berupa US Dollar.

7. Jenis Kredit Berdasarkan Metode Pembiayaan

Ada dua jenis kredit berdasarkan metode pembiayaannya, yaitu:

Kredit bilateral, yaitu kredit yang dibiayai oleh hanya satu bank.Kredit sindikasi, biasanya untuk tujuan proyek yaitu kredit yang diberikan dua atau lebih lembaga keuangan untuk membiayai satu proyek/usaha dengan syarat-syarat dan ketentuan yang sama, menggunakan dokumen yang sama dan diadministrasikan oleh agen yang sama.

Ciri-ciri umum kredit sindikasiJumlah kredit besar dengan jangka waktu pemberian biasanya menengah atau panjangKredit ini diberikan lebih dari satu pemberi kredit dengan tanggung jawabpeserta sindikasi tidak bersifat tanggung renteng, dimana masing-masing peserta sindikasi hanya bertanggung jawab untuk bagian jumlah kredit yang menjadi komitmennyaKredit ini menunjuk salah satu partisipan sebagai agent (misalnya: facility agent dan/atau security agent) yang mengadministrasikan kredit sindikasi.

8. Jenis Kredit Berdasarkan Lokasi Bank

Berdasarkan lokasi bank dapat dibedakan menjadi:

Kredit Onshore, untuk nasabah di dalam negeri dalam bentuk valuta asing dan dilaksanakan melalui cbang di dalam negeri.Kredit Offshore, untuk nasabah di dalam negeri dalam bentuk valuta asing dan melalui cabang bank di luar negeri

Pahami Jenis Kredit, Sesuaikan dengan Tujuan dan Kebutuhan

Kredit bisa digunakan untuk tujuan produktif maupun konsumtif. Khususnya wiraswasta atau pengusaha, Anda harus paham berbagai jenis produk kredit bank maupun lembaga pembiayaan. Tujuannya adalah agar Anda bisa tepat memilih produk pinjaman dan menyesuaikan dengan profil usaha dan tujuan penggunaan dana tersebut.

Pengertian definisi Pinjaman  

Pengertian definisi Kredit tanpa agunan 

#pengertian #definisi #pinjaman 

 Pengertian definisi pinjaman

Pengertian definisi Pinjaman

Sumber : cermati.com

Penilaian Pengguna
[Total: 3 Average: 5]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *